Mindset

Oleh Anonym *

semarak.co-Disadari atau Tidak Pada Dasarnya Setiap dan Semua Manusia adalah Pengusaha atau Pedagang. Ya Pedagang atau Penjual Produk Pada Dirinya, yaitu:

  1. Produk Jasa Profesional nya Sendiri
  2. Produk Barang hasil Produksinya
  3. Jasa Calo mempromosikan Jasa / Barang Orang Lain

Mindset Pengusaha

Apa itu mindset?

Mindset dapat diartikan sebagai suatu kumpulan pemikiran yang terbentuk sesuai dengan pengalaman dengan keyakinan sehingga dapat mempengaruhi perilaku atau cara berfikir seseorang dalam menentukan suatu sikap, pandangan hingga masa depan seseorang.

Dalam bisnis, mindset positif dan benar sangat dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki. Tidak sedikit pengusaha yang memiliki mindset yang keliru dalam berusaha atau berjualan.

InsyaAllah kali ini saya akan bahas mindset yang keliru dan benar dalam berbisnis. Tapi sebelumnya penulis tidak bertanggung jawab apabila nanti ada yang bertentangan dan bertabrakan dengan mindset yang teman-teman miliki selama ini.

5 Mindset yang Keliru dalam Jualan

Mindset #1

Berpikir Mudah

Bila kamu berharap besar, janganlah berpikir terlalu sederhana atas bisnis yang kamu jalankan. Membangun bisnis itu semuanya sama, mau bisnis apapun itu. Butuh kerja keras, fokus, dan dedikasi yang tinggi.

BACA JUGA :  CBA Ungkap Uang Negara Terkuras Untuk Pencitraan Sang Presiden

Kalau menjalankan bisnis itu mudah, semua pengusaha harusnya udah sukses. Tapi kan ternyata tidak, dan ternyata bukan jualannya yang susah, tapi karena kita tidak tahu ilmunya. Kalau ingin berkembang jangan terlalu berpikir ribet!

Mindset #2

Berpikir Susah

Sekali lagi saya ulang. Kita bilang jualan itu susah karena belum tau ilmunya. Kalau belajar dan tau ilmunya InsyaAllah bisa jualan. Setiap bidang pasti ada tantangannya sendiri. Tapi setiap tantangan pasti ada ilmu dan caranya untuk mengatasinya.

Mindset #3

Berpikir Kecil

Kalau kamu hanya mikir jualan itu cuma buat sampingan/tambahan. Yaa, tidak heran apabila hasilya juga recehan sebagaimana yang dipikirkan. Pernah dengar sabda Nabi tentang jualan? Tidak ada bisnis yang berjalan mulus lurus seperti jalan tol.

Mindset #4

Berpikir semuanya Lancar

9 dari 10 pintu rezeki itu berasal dari perniagaan. Banyak orang berpikir kalau dia tidak punya modal untuk jualan.

Modalnya 1 kok: KEMAUAN! Kalau kamu punya KEMAUAN, kamu tidak butuh modal lain. Akan beda antara orang yang serius MAU sama yang pura-pura mau. Karena kalau kamu serius MAU, pasti kamu BERDOA. Percayalah, Allah akan penuhi segala yang kamu butuhkan! Kalau cuma mikir sih anak SD juga mikir, om/tante!

BACA JUGA :  Biayai Capex Pelindo I, Bank Mandiri Tawarkan Pinjaman Transaksi Khusus Rp350 M

“Bisa gak yah?”

“Kayaknya susah”

“Gak ngerti harus gimana”

“Kalau gagal ginana?”

“Kalau saya lapar gimana?”

“Bingung mulainya dari dari mana”

Mindset #5

Mikir Doang, Action Kagak

Nasib jualan kamu yang tergantung pikiran kamu. Itulah mindset yang tanpa kamu sadari, semua diawali dengan kata “BERPIKIR” Kelamaan mikir lama-lama stres!

Ga harus, menguasai semuanya dalam memulai bisnis, seperti yang kita pelajari tadi pagi. Kelamaan mikir lama-lama stres! Ga harus, menguasai semuanya dalam memulai bisnis, seperti itu yang kita pelajari dari alam.

Mindset Jualan yang Benar

🖊️ Mindset 1

Bukan menawarkan produk tapi menawarkan solusi.

🖊️ Mindset 2

Bukan mencari konsumen tapi menawarkan manfaat.

🖊️ Mindset 3

Bukan target market tapi target ikhtiar.

🖊️ Mindset 4

Bukan mendapatkan uang tapi mendapatkan rezeki.

🖊️ Mindset 5

Bukan profit yang penting tapi sedeqah lebih penting!

🖊️ Mindset 6

Bukan pelanggan baru tapi keluarga baru.

Jujur saja banyak yang menganggap sepele soal mindset ini, alhasil banyak orang gak paham, padahal KRUSIAL! Saya juga sama kok, masih harus banyak belajar buat punya MINDSET yang TEPAT! Yuk, kita bareng-bareng belajar biar kapasitas diri kita terus bertumbuh!

BACA JUGA :  Rancangan Insentif 261 Kata untuk Pers Menghadapi Covid-19

*) penulis anonyim artinya artikel ini jadi pesan berantai yang layak dicopas

 

sumber: MD.Rogo Sukmo P.Kyai San3 (post Selasa 20/7/2021/adegunawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here