Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan nilai transaksi yang ditargetkan pada keikutsertaan pengembang gim lokal Indonesia di ajang gim terbesar di dunia, Gamescom Jerman 2024 minimal mencapai 150 juta dolar AS atau sekitar Rp2 triliun lebih.
semarak.co-Menparekraf Sandi Uno melihat potensi yang sangat luar biasa dan ini merupakan kali kelima pengembang gim lokal Indonesia untuk berpartisipasi di bursa gim terbesar dunia. Ini sebagai tindak lanjut dari Perpres Nomor 19 Tahun 2024.
“Dimana kami ingin gim-gim lokal ini bisa mendapatkan best practice-nya dari sini atau Gamescom,” kata Menparekraf Sandi Uno usai menghadiri Official Opening Ceremony Gamescom yang berlangsung di Koelnmesse Halle, Jerman, Rabu (21/8/2024).
Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Federal Jerman, Arif Havas Oegroseno, menambahkan sejak pertama kali Indonesia berpartisipasi dalam Gamescom memperlihatkan dampak positif. Dapat dilihat dari nilai transaksi yang terus bertambah tiap kali ikut serta dalam ajang pameran gim terbesar dunia tersebut.
“Dua tahun 2022 misalnya nilai transaksi hanya 70 juta dolar AS, tahun 2023 sampai 115 juta dolar AS. Jadi ada angka yang terus meningkat,” kata Arif dirilis humas Kemenparekraf usai acara melalui WAGroup SiaranPers Kemenparekraf, Kamis (22/8/2024).
Dalam Gamescom Arif mengungkapkan banyak dari negara, provinsi, atau pemerintah daerah yang mendukung industri gim daerahnya masing-masing. Hal ini tentu dapat menjadi inspirasi bagi paling tidak lima provinsi di Indonesia yang menjadi pusat-pusat game development.
“Tentu nantinya dapat menjadi bagian untuk mendukung keikutsertaan pada Gamescom tahun depan 2025. Karena kita Indonesia sudah dilihat menjadi satu titik yang utama dalam games market dunia,” ujar Arif lagi.
Keikutsertaan Gamescom 2024 yang berlangsung di Koln, Jerman, 21-25 Agustus 2024 merupakan hasil kolaborasi dan dukungan antara Kemenparekraf/Baparekraf bersama dengan Kementerian Perdagangan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Asosiasi Gim Indonesia.
Sebagai salah satu event gim bisnis (B2B) dan konsumen (B2C) dunia, Gamescom pertama kali diadakan pada 2009 dan selalu masuk ke dalam kalender event yang diikuti oleh developer dan publisher gim tingkat dunia setiap tahunnya. Tahun ini ada 10 perusahaan game lokal yang telah terkurasi.
Yakni Agate, Berangin Creative, Fat Raccoon Games, Frame Rats Digital, Gambir Studio, Gingersun, Glory Jam, Klapanom, Niji Games, dan Plexus Studio & Oray Studio. Hadir mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Muhammad Neil El Himam. (smr)