Dukung IDByte Esports 2019, Konsistensi Telkomsel Perkuat Ekosistem Esports untuk Akselerasikan Gaya Hidup Digital

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini (tengah), Vice President Branding and Marketing Communications Telkomsel Nirwan Lesmana (kanan) dan Perwakilan Publisher ShellFire (kiri) saat acara partisipasi Telkomsel dalam gelaran IDByte Esports 2019 di Tengerang Selatan, Banten, (13/9/2019).foto: Humas Telkomsel

Melanjutkan kosistensi untuk bertransformasi menjadi digital telco company terdepan di Indonesia, Telkomsel selalu berupaya menghadirkan ragam solusi inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan perlanggan, termasuk dalam mengakomodir perkembangan ekosistem esports secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Salah satu komitmen yang diwujudkan Telkomsel melalui partisipasi dalam gelaran IDByte Esports 2019 yang diselenggarakan di Tengerang Selatan, Banten, Jumat (13/9/2019).

Bertindak sebagai salah satu pembicara di kegiatan IDByte Esports 2019 ini, Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini mengatakan, keseriusan Telkomsel mendukung penguatan ekosistem esports di Indonesia telah dilakukan dalam beberapa tahun belakangan ini.

Utamanya dengan berkembangnya akses teknologi serta semakin tingginya minat dan penetrasi masyarakat terhadap esports.  Sejak awal pengembangan, kata Emma, Telkomsel berkomitmen untuk mendukung perkembangan esports.

Mulai dari menghadirkan layanan konektivitas berkualitas hingga ragam fitur dan solusi layanan bernilai tambah seperti penyediaan akses payment gateway. Kini, upaya Telkomsel semakin diperkuat turut menjadi bagian dari jejaring pengembangan esports dengan turut menyediakan wadah ekosistem para penggiat esports melalui Dunia Games serta berpartisipasi mengembangkan konten esports sebagai publisher.

IDByte sendiri merupakan tech event terbesar di Indonesia yang diadakan dua tahun sekali sejak 2011. Tahun ini, IDByte berfokus pada penyelenggaraan konferensi dan turnamen esports.

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini mengatakan, Telkomsel turut mendukung perhelatan IDByte Esports 2019 dengan harapan dapat memberikan kontribusi bagi terciptanya ekosistem digital yang lebih matang dan berkesinambungan.

“Salah satu yang menjadi dasar juga bagi Telkomsel untuk berpartisipasi dalam kegiatan IDByte 2019 kali ini adalah adanya kesempatan bagi segmen perempuan untuk berkompetisi di dunia esports dalam level yang sama dengan segmen pria,” ujar Emma dalam rilis Humas Telkomsel, Jumat (13/9/2019).

Dukungan Telkomsel sendiri dalam kemajuan industri esports dalam negeri sudah dimulai sejak tahun 2009. Pada saat itu, kata dia, Telkomsel meluncurkan marketplace portal pertama di Indonesia berbasis Java, flash dan html yang diberi nama Dunia Games.

Sepanjang perjalanannya, Telkomsel pun terus berinovasi guna memenuhi kebutuhan pelanggan, yang mana salah satunya, pada tahun 2013 Dunia Games memperkenalkan sistem payment gateway Direct Carrier Billing (DCB), yang menghadirkan kemudahan pembelian aplikasi dan konten digital games menggunakan pulsa.

“Upaya Telkomsel mengakselerasikan ekosistem esports di Indonesia berlanjut di tahun 2016 dengan mengembangkan fungsi Dunia Games sebagai media wadah komunitas, publisher, serta e-sport organizer esports di Indonesia,” ucapnya.

Kini Dunia Games juga dikenal sebagai satu dari lima media online esports terbesar di Indonesia, yang telah menerbitkan lebih dari 200 ribu artikel bagi para penggiat mobile games di seluruh Indonesia, bahkan juga di level regional Asia.

Kekayaan konten serta tingkat interaktif turut berkontribusi dalam catatan pengunjung aktif bulanan platform media Dunia Games yang kini telah melampaui 10 juta orang. Guna menghadirkan pilihan konten yang beragam dan menarik, lebih dari 900 video terkait mobile gaming juga dapat diakses melalui channel YouTube Dunia Games.

Penyediaan konten yang bermanfaat menjadi salah satu bentuk dukungan Telkomsel dalam meningkatkan kemampuan para gamer di seluruh Indonesia agar mampu bersaing hingga ke level internasional, yang nantinya diharapkan juga akan mengakselerasikan gaya hidup dan prestasi melalui esports.

Sebagai bentuk dukungan terhadap industri esports secara lebih inklusif, mengambil peran sebagai organizer, Dunia Games juga telah menggelar lebih dari 1.000 event offline di seluruh Indonesia, dengan melibatkan lebih dari 60.000 peserta.

“Tidak berhenti sampai di situ, Telkomsel melalui Dunia Games kini juga membina tim profesional dari berbagai divisi game esports,” tuturnya.

Solusi yang dihadirkan Dunia Games sebagai publisher game terwujud pada 2018. Sejak itu, Telkomsel menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Asia Tenggara yang berpartisipasi aktif sebagai publisher game dengan dirilisnya mobile games berbasis aplikasi, ShellFire.

Hingga kini, aplikasi games bergenre action dengan subgenre FPS (First Person Shooter) dan MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) tersebut sudah diunduh sebanyak lebih dari 3,5 juta kali, baik melalui Google Play Store maupun App Store. Kedepannya, Dunia Games akan kembali merilis sejumlah game terbaru untuk terus dalam menguatkan penetrasi dalam komunitas dan industri esports di Indonesia.

“Kami optimis bahwa industri esports di Indonesia akan semakin berkembang. Untuk itu Telkomsel melalui Dunia Games secara konsisten akan memperkuat ekosistem esports secara menyeluruh,” ujarnya.

Mulai dari penyediaan akses konektivitas dan layanan terdepan, lanjut Emma, hingga mewadahi komunitas gamer untuk saling berinteraksi dan berbagi informasi seputar games.

Melalui Dunia Games, Telkomsel akan terus konsisten menjadi enabler bagi seluruh stakeholders di dalam industri esports Indonesia secara berkesinambungan. Telkomsel percaya kegiatan sejenis IDByte Esports ini akan semakin membuka banyak peluang bagi masyarakat mengekplorasi ekosistem esports secara positif,” tutupnya. (lin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *